Peringatan Terbaik dari Saya

Peringatan! Orang-orang suci lokal dilarang pergi ke luar negeri jika tidak menguasai bahasa asing. Saya contohkan di sini negeri Jepang. Jika orang-orang suci lokal tidak menguasai bahasa jepang dan aksaranya, tapi anda nekat pergi ke sana, bisa-bisa anda ternoda! Bayangkan saja ketika anda membeli jajanan, di bungkusnya ditulis "mengandung minyak babi," ditulis menggunakan huruf Kanji, jika anda tidak mampu membacanya, bisa apa anda? Bisa mengelak? Tidak, kan? Kemungkinan terburuknya anda bisa ditendang keluar dari agama anda karena telah mengonsumsi barang haram.

*****

Sejatinya, kesucian ada di dalam hati masing-masing manusia. Jika seseorang melakukan show off atas kesuciannya, kesucian telah hilang dari dalam diri orang itu. Sama halnya seperti ikhlas. 
Daripada mempertontonkan kesucian, lebih baik mempertontonkan ketidaksucianmu, aku akan lebih menghargai itu. Katakanlah bahwa kamu pernah makan daging babi, minum minuman keras, dan hal-hal lain yang dilarang (tentunya dengan jujur), untuk menjadi penawar atas dosa-dosamu.
Sesungguhnya kesucian adalah dilema, antara penasaran dan kegatalan.

*****

Ngomong-ngomong, jajanan di luar negeri tidak ada logo "halal"-nya.
Ini peringatan terbaik dari saya. Atas segala kelebihannya, saya ucapkan terima kasih.


Comments

Popular Posts