Beberapa Hal yang Patut Disyukuri di 2020


2020 merupakan tahun yang buruk dan semua orang setuju akan hal itu. Orang-orang menunda mimpinya dan banyak yang menggadaikan kewarasannya untuk bertahan hidup. Tapi dari semua keburukan tersebut pasti bakal ada kebaikan yang muncul, aku percaya hal itu, entah sekecil apapun pasti ada hal baik yang menghinggapi kehidupan kita. Dan di tulisan ini aku ingin menuliskan hal-hal yang aku syukuri di 2020.

  • Belajar banyak hal baru.

Beberapa hal baru yang aku pelajari di 2020 adalah memasak dan menjahit. Kalo masak sih sebelum 2020 aku juga udah sering masak, tapi di 2020 jadi makin sering, alesan utamanya yaa karena ga boleh keluar rumah. Belajar jahit juga karena waktu itu ada baju yang jahitannya lepas, dan lagi-lagi ga bisa keluar rumah ke tempat jahit. Akhirnya coba jahit baju-baju lain deh.

Terus yang berkaitan sama kerjaan aku belajar gambar digital (vector art), sama belajar motion picture pakai after effect. Sempet juga belajar mixing lagu buat video paduan suara virtual. Hal-hal ini mungkin ga bisa aku lakuin kalo aku ga punya banyak waktu buat belajar hal-hal baru. So, thank you 2020.

  • Banyak waktu buat hobi.

As you know guys, aku punya banyak hobi. Membaca, menulis, main gitar, nonton film, jogging, work out, dll. Di dunia normal mungkin aku ga bisa ngelakuin semua itu, tapi 2020 ngasih aku kesempatan buat ngelakuin itu semua. Thank you again 2020, haha.

  • Membuka hati.

Haha kedengeran aneh yaa. Memang sih. Tapi di tahun-tahun sebelumnya emang aku susah buka hati buat orang lain. Kayanya karena lebih nyaman sendiri sih, dan punya banyak teman juga bikin ngga kesepian. Tapi di 2020 aku sempet ngerasa kesepian sampe-sampe tanpa disadari aku udah bisa buka hati lagi.

  • Rilis film.

Akhirnya aku punya film yang bener-bener bisa dipamerin. Sebelumnya cuman bikin film buat orang atau institusi lain sampe lupa kalo aku harus punya film sendiri buat ngukuhin diri sebagai filmmaker. In case kalian belum nonton, tonton deh, judulnya “Dia Yang Lain” di youtube channel Netra Sejarah Nusantara. Di situ aku jadi co-director, scriptwriter, editor juga, dan clapper. I’m so happy with this movie.

  • Udara yang (sempat) bersih.

Aku masih inget waktu joging di awal-awal PSBB dulu, nafas kerasa enteng banget, ga banyak polusi kendaraan. Salah satu hal baik di pandemi, saat itu, adalah udara di banyak kota dan di Indonesia secara umum menjadi lebih bersih. Sangat patut disyukuri, karena terakhir aku jogging beberapa hari yang lalu, udara sudah ngga sebersih sebelumnya. Berkah yang simpel, tapi tetap kudu disyukuri.


Mungkin garis besar dari yang patut disyukuri dari 2020 adalah 5 poin itu. Aku yakin masih banyak kebaikan-kebaikan kecil yang (harusnya) tetap bisa disyukuri. Terakhir, aku ingat tweet dari akun Vice Indonesia kemarin, tanggal 30 Desember 2020, di tweet itu Vice_ID bertanya “Apa yang kamu ingin tinggalkan di 2020?”, aku menjawab “2020 itself”, karena memang sudah seharusnya begitu, kan?



Comments

Popular Posts